Monday 2 December 2013

Pengenalan Ms Word 2010


Microsoft Word 2010 merupakan sebuah program pengolah kata (word proseccor) yang diproduksi oleh Microsoft. Microsoft Word 2010 ini hadir sebagai penerus dari versi Microsoft Word sebelumnya. Aplikasi ini tampil dengan sejumlah peningkatan kemampuan dan tampilan sehingga semakin memudahkan para penggunanya. Kemampuan ini pula yang menjadikan program ini sebagai program pengolah kata tercanggih dikelasnya.
Program Microsoft Word 2010 ini memungkinkan bagi para penggunanya untuk mengolah kata dengan cepat, mudah dan dengan hasil yang mengagumkan. Dalam program ini,Anda bias melengkapi sebuah dokumen dengan tabel, grafik, diagram, dan memoles tampilan dokumen dengan menggunakan beragam pilahn themes.
Mengenal User Interface
secara garis besar User Interface program MS Word 2010 memiliki delapan bagian utama. Berikut ini bagian-bagian tersebut.
1.      Tab File
Tab file disediakan untuk mengakses Backstage View. Backstage View ini berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan manajemen file seperti Save, Open, Print, Save & Send, serta beberapa perintah lainnya.
2.      Tombol Word
Bila Anda memilih tombol Word, maka Anda akan mendapati munculnya opsi Restore, Minimize, Maximize, Move, Size, dan close.
3.      Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar adalah sebuah toolbar yang disediakan agar Anda bisa melakukan akses secara cepat menuju perintah-perintah tertentu. Secara default, perintah-perintah yang terlihat pada toolbar ini adalah perintah save, Undo, dan Redo.
4.      Title Bar
Title Bar menampilkan keterangan nama dokumen.
5.      Tombol Minimize,Restore dan close
Tombol Minimize berfungsi untuk menyembunyikan atau memperkecil tampilan jendela MS Word, tombol Restore bertugas memperbesar tampilan jendela, sedangkan tombol close digunakan untuk menutup jendela MS Word.
6.      Ribbon
Ribbon terdiri dari beberapa Tab. Masing-masing Tab berdiri beragam perintah yang dibedakan dalam beberapa kelompok.
7.      Status Bar
Status Bar menampilkan informasi dasar seperti keterangan halaman lokasi Anda berada, jumlah total halaman dokumen, jumlah kata dalam dokumen, dan bahasa yang digunakan pada dokumen.
8.      Area dokumen
Diarea inilah Anda bisa mengetikkan teks, menambahkan grafik, tabel, diagram dan pelengkap teks lainnya.


Mengenal Ribbon
Terdapat tab sbb :
1.      File : Berisi perintah perintah menagemen file.
2.      Home : Berisi perintah yang berkaitan Teks.
3.      Insert : Perintah perintah memasukan objek.
4.      Page Lay Out : Pengolahan halaman dokumen
5.      References : Menambah komponen referensi.
6.      Mailings : Prlengkapan surat menyurat.
7.      Review : Untuk melakukan tinjauan ulang.
8.      View : Menubah tampilan dokumen.

Operasi Dasar Dokumen
Membuat Dokuman baru
      Langkah langkah:
1.      Tab File
2.      New
3.      Blank Document
4.      Create.

Menyimpan Dokumen
Langkah langkah:
1.      Tab File
2.      Save as, pilih tempat penyimpanan.
3.      Save
Cara lain:
1.      CRLT + S
2.      Klik icon SAVE

 Membuka Dokumen
Langkah langkah:
1.      Tab File
2.      Open
3.      Pilih dokumen yang  diinginkan.
4.      Open



No comments:

Post a Comment